IBADAH HAJI
Pelayanan keberangkatan ibadah Haji seperti, Akomodasi, Transportasi, Program dan atau segala sesuatunya disiapkan oleh Qiblat Tour
IBADAH UMRAH
Pelayanan keberangkatan ibadah Umrah seperti, Akomodasi, Transportasi, Program dan atau segala sesuatunya disiapkan oleh Qiblat Tour
WISATA ROHANI
Pelayanan keberangkatan Wisata Rohani seperti, Akomodasi, Transportasi, Program dan atau segala sesuatunya disiapkan oleh Qiblat Tour
×
Aturan Visa Haji Berbayar Berubah Lagi
23 December 2016

BANDUNG, (PR).- Aturan visa umrah berbayar kini berubah lagi sesuai dengan perubahan dari Kementerian Haji dan Wakaf Arab Saudi. Kini visa umrah berbayar hanya dikenakan kepada muslimin yang berangkat kedua kalinya pada satu musim umrah.

"Kalau sebelumnya umrah visa berbayar dikenakan kepada muslimin yang sudah pernah umrah dalam waktu tiga tahun terakhir, namun aturan ini diubah lagi," kata Direktur biro perjalanan umrah Qiblat Tour, Wawan R. Misbach, di ruang kerjanya, Sabtu, 3 Desember 2016.

Besaran visa umrah berbayar sebesar 2.000 Riyal Saudi atau sekitar Rp 7 juta yang mulai awal Desember ini diberlakukan hanya kepada muslimin yang pergi umrah kedua kalinya dalam tahun hijriyyah yang sama. "Untuk kepastian aturan baru ini kami masih menunggu surat resmi dari Kementerian Haji dan Wakaf Arab Saudi pada minggu-minggu ini," ujarnya.

Menurut Wawan, bagi kaum muslim yang sudah mendaftar umrah tapi menunggu waktu keberangkatan dan sudah membayar biaya visa Rp 7 juta, maka uang Rp 7 juta tidak bisa diambil kembali uangnya. "Ini sesuai dengan ketentuan pemerintah Arab Saudi bukan dari aturan biro perjalanan umrah," ujarnya.

Wawan menyambut gembira adanya aturan baru visa berbayar ini karena aturannya tidak berlaku surut tiga tahun ke belakang. "Aturan hanya berlaku bagi Muslimin yang dua kali berangkat dalam setahun 1438 H ini. Misalnya, di bulan Rabiul Awwal berangkat umrah dan Ramadan berangkat lagi, maka baru terkena visa berbayar Rp 7 juta," ucapnya.